Hebat, Aplikasi Baca Alquran Buatan Mahasiswi Kalsel Ini Bisa Mengoreksi Bacaan

 
Solehah, warga Jalan Cendana Kayutangi, Banjarmasin saat ini dia adalah mahasiswi program Diploma Empat (D4) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Jatim. Sebelumnya, perempuan ini menyelesaikan kuliahnya di program studi D3 Teknik Informatika Politeknik Negeri Banjarmasin.
Prestasinya patut diacungi jempol. Mengapa? Dia telah melahirkan aplikasi membaca Alquran secara baik dan benar plus terjemahannya. Salah satu kelebihan aplikasi itu adalah tersedianya fitur berupa voice detector (pendeteksi suara) untuk mengetahui ketepatan lafas saat membaca ayat suci Alquran.
Jadi jika ada seseorang melafazkan surah di Alquran dengan menggunakan aplikasi itu, maka dia bisa mendapat koreksi sekaligus bimbingan tentang cara membaca yang benar. Selain itu, ‘ketukan’ saat melafaskannya bisa diatur dengan standar ketukan dari qari kelas dunia, Mahmoud Khalil Al-Hussairy.
Sudah dimasukkan ke Google Play Store? “Belum. Tapi segera dimasukkan. Aplikasi ini saya bikin selama dua bulan sebagai tugas akhir kuliah,” ucap Solehah kepada BPost, kemarin.
Menurut dia, rencananya jika sudah dimasukkan ke Google Play Store, pengunduhan fitur utama dibebaskan dari biaya. Namun, untuk fitur tambahan akan dikomersialkan.
Kemampuan Solehah membikin aplikasi, bisa disebut wajar. Dia berulang kali mengikuti lomba programing atau web design di tingkat provinsi bahkan Kalselteng. “Alhamdulillah, saya sering menjadi juara,” kata dia. (kur)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hebat, Aplikasi Baca Alquran Buatan Mahasiswi Kalsel Ini Bisa Mengoreksi Bacaan"

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.