JANGAN Sepelekan Nyeri Perut di Bagian Kanan! Kamu Perlu Tau Penyebabnya!

 
 
Sakit perut atau (Gastro Oesophageal Reflux) atau sering disebut mulas atau melilit adalah rasa sakit atau nyeri yang hanya terjadi di bagian perut.

Mulas umumnya terjadi karena ukuran perut membesar dari dalam dan mengurangi ruang bebas di dalam perut. Mulas juga adalah rangsangan untuk segera buang air besar, buang air kecil, bersendawa, atau buang angin.

Biasanya ini adalah salah satu tanda keluhan pencernaan manusia misalnya maag, masuk angin, mual disertai muntah, konstipasi, diare, atau keluhan pencernaan lainnya.

Mulas juga merupakan salah satu gejala menstruasi atau pula kehamilan pada wanita. Sakit pada perut juga bisa menjadi gejala awal kanker seperti kanker pankreas atau kanker usus. Penyebabnya juga karena makan terlalu banyak atau terlau cepat dan stres.

Namun bagaimana penjelasan, apabila kondisi mulas itu terjadi pada perut di sebelah kanan.

Sebab, seperti dilansir doktersehat.com, perut adalah organ yang berongga, jadi di dalamnya terdapat bermacam-macam organ yang terletak pada posisinya masing-masing.

Pada perut sebelah kanan dibagian atas terdapat organ Hati, Kandung Empedu, Ginjal, Usus kecil dan Usus Besar, sedangkan pada sebelah kanan di bagian bawah terdapat Usus Besar, Usus Buntu atau Appendix, Saluran kencing, dan khusus pada wanita terdapat Saluran Indung Telur.

Jadi kalau mengalami nyeri perut di sebelah kanan, tinggal melihat bagian atas atau bawah, bila yang nyeri bagian atas, kemungkinan yang mengalami gangguan adalah organ-organ yang terletak pada bagian kanan atas tadi. 

Diantara berbagai organ tadi, yang paling sering terjadi gangguan pada sebelah kanan atas adalah Gangguan Hati, Radang pada kandung empedu akibat adanya batu, serta kadang-kadang bisa terjadi radang usus kecil.

Tetapi kalau tempat nyeri berada agak di tengah dan rasa nyerinya sampai menembus ke belakang, bisa-bisa organ Ginjal yang lagi mengalami masalah.

Sedangkan bila nyeri timbul di sebelah kanan bawah, penyebab yang paling sering adalah radang dari usus buntu atau Appendicitis, kemudian penyebab lain yang cukup sering adalah infeksi saluran kencing, atau pada wanita patut dicurigai adanya radang saluran indung telur.

Untuk membedakan antara usus buntu dengan infeksi saluran kencing yaitu :

Pada usus buntu gejala yang menyertai adalah demam, bisa juga disertai rasa mual sampai muntah dan kadang bisa juga disertai diare.

Biasanya nyeri yang timbul kuat sekali sampai si penderita selalu membungkukkan badannya karena menahan nyeri di bagian perut kanan bawah.

Sedangkan pada infeksi saluran kencing biasanya adalah sering kencing, rasa nyeri bila kencing, juga rasa perih pada waktu kencing, juga bisa disertai demam tinggi dan rasa mual muntah juga.

Gambaran diatas untuk membantu mengenali apabila ada gangguan disekitar daerah tersebut, untuk memastikannya masih memerlukan pemeriksaan lain yang lebih teliti dan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "JANGAN Sepelekan Nyeri Perut di Bagian Kanan! Kamu Perlu Tau Penyebabnya!"

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.